Froogy Ndut. Diberdayakan oleh Blogger.

Jenis Alergi Pada Manusia dan Penyebabnya

Alergi merupakan reaksi alami dari tubuh dalam melawan suatu benda yang dianggap membahayakan. Efeknya yaitu tubuh mengeluarkan gejala tertentu ketika tidak mampu melawan zat pemicu (alergen) dari alergi tersebut. Paling baik untuk mencegah alergi yaitu menjauhkan pemicunya dari penderita. Pasalnya, gejala alergi baru akan terjadi tatkala alergen mulai terdeteksi tubuh. Obat alergi seperti antihistamin dapat menurunkan gejala yang ada.
Jenis Alergi Pada Manusia dan Penyebabnya Jenis Alergi Pada Manusia dan Penyebabnya
Adanya banyak jenis alergi yang perlu dipahami. Bahkan, bau-bauan tertentu pun bisa dianggap alergen oleh tubuh seseorang karena menimbulkan gejala alergi. Dikutip dari laman Meet Doctor, berikut beberapa jenis alergi yang sebaiknya diwaspadai:
  • Alergi debu. Setiap isi dalam rumah tidak bisa dilepaskan dari debu. Namun bagi orang yang alergi debu, benda halus tersebut bisa sangat menyiksa. Hal yang bisa dilakukan adalah mengurangi debu yang menempel di berbagai tempat seperti meja, karpet, kasur, dan sebagainya. Dalam debu juga dimungkinkan mengandung sejumlah kuman yang menimbulkan penyakit. Bagi penderita asma, debu bisa memicu kekambuhan.
  • Alergi makanan. Makanan yang terutama memiliki kandungan protein seperti makanan laut, , kacang, telur, ikan, dan sebagainya dapat memicu alergi. Tanda alergi makanan contohnya sakit perut, muntah, gatal, sesak napas, dan sebagainya yang muncul beberapa saat usai menyantap makanan tertentu.
  • Alergi hewan. Sejumlah orang diketahui tidak tahan saat didekati hewan tertentu. Reaksi yang muncul antara lain asma dan gangguan pernapasan. Hewan pemicu alergi biasanya yang memiliki banyak bulu seperti kucing, , dan sebagainya.
  • Alergi musim. Kadang disebut dengan alergi dingin atau alergi . Alergi ini kerap muncul kala udara sangat dingin atau sewaktu menyengat. Tandanya bisa berupa bersin-bersin, muncul biang keringat, dan sebagainya.
  • Alergi sengat serangga. Penderita dimungkinkan akan mengalami inflamasi pada tempat yag digigit, kemerahan, hingga rasa gatal jika jenis sengatnya tidak membahayakan. Namun kalau seseorang alergi, pemicu ini menyebabkan anafilaksis saat keadaan parah. Tandanya seperti pingsan, sesak napas, ruam kulit, muntah hingga terjadi inflamasi di saluran napas. Kondisi ini dapat menimbulkan kematian.
  • Alergi rhinitis. Gejalanya yaitu mata berair, hidung berlendir, sesak napas, gatal-gatal, dan pembengkakan.
  • Alergi obat. Tiap tubuh seseorang belum tentu bereaksi positif terhadap obat. Ada obat tertentu yang bisa menimbulkan alergi. Oleh sebab itu, sering tenaga medis melakukan tes alergi dahulu sebelum memberikan obat tertentu, misalnya antibiotik.
  • Alergi bahan kimia. Misalnya seseorang tidak tahan terhadap zat yang terkandung dalam parfum atau deterjen. Efeknya seperti muncul gatal-gatal, ruam, dan sebagainya.
Dermatitis atopik. Penderita akan mengalami eksim dengan tanda kulit kemerahan, gatal, hingga mengelupas.

Ditulis Oleh : Unknown

Dewa Iendra Sobat sedang membaca artikel tentang Jenis Alergi Pada Manusia dan Penyebabnya. Dan Sobat boleh mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk menyertakan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Admin Blog::

Baca juga Artikel menarik Lainnya

0 komentar:

Posting Komentar